Jl. Tentara Pelajar No. 29 Pemalang - Jawa Tengah Phone (0284) 323 076 / Hp. 0856 4018 0999 Email: liberty_pml@yahoo.co.id
Website : http://libertyconsultantpemalang.com

Minggu, 17 Februari 2008

Sekedar Usulan untuk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Pemalang



Di era sekarang ini Pariwisata sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat sebagai cara untuk melakukan refreshing setelah menjalani rutinitas sehari - hari. Untuk itu kemasan pariwisata harus lebih banyak bervariasi disesuaikan dengan banyaknya kebutuhan bagi masyarakat yang makin beragam.


Pada kesempatan ini perkenankan kami, Setya Teguh Yuwana, AMd. SE dari Liberty Cosnultant Pemalang memberikan sekedar usulan bagi perkembangan Pariwisata di Kabupaten Pemalang.



  1. Potensi Pariwisata Pemalang hendaknya dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan mengedepankan azas manfaat. Hal ini penting karena multiplier effect yang dihasilkan oleh Pariwisata sangat luar biasa. Membangun Pariwisata tanpa melibatkan semua stake holder Pariwisata akan sia - sia, sebab pembangunan Pariwisata harus sistemik.
  2. Pembentukan Dewan Pariwisata Kabupaten Pemalang sangat dibutuhkan oleh Pemkab Pemalang sebagai mitra kerja dari Dinas terkait. Dengan adanya Dewan Pariwisata, maka Pemkab Pemalang dapat melakukan pengembangan pariwisata secara terpadu dan terarah karena merupakan hasil pemikiran bersama antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan Pelaku Industri Pariwisata.
  3. Perlu dibentuk sebuah Destination Cluster yaitu Jalur wisata terpadu yang berkaitan satu sama lainnya dalam satu wilayah administratif, contoh Widunggating (widuri, Blendung, Moga, Silating) Tour, yang akan mempunyai dampak ekonomis yang merata untuk daerah pantai dan daerah punggung. Sehingga pemerataan ekonomi kemasayarakatan akan dirasakan oleh seluruh wilayah di Kabupaten Pemalang.

Tidak ada komentar: