Slogan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah brand karena
ia mampu memudahkan calon pelanggan untuk mengingatkannya pada brand
produk tersebut.
Slogan sendiri merupakan sebuah pernyataan singkat yang mendeksripsikan bisnis anda secara umum.
Beberapa slogan ada yang mempunyai pernyataan yang menegaskan
sikapnya, seperti slogan produk Nike “Just do it. Ada juga yang
mempunyai pernyataan mengenai apa yang hendak dicapainya, seperti slogan
Nokia “Connecting people.”
Sebuah slogan yang baik merupakan bagian dari cara berpikir kreatif,
sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas. Oleh
karena itu, slogan harus dirancang dengan tepat dan dengan pesan yang
jelas agar pelanggan mampu memahami brand anda secara utuh.
Lantas, bagaimana kira-kira pedoman untuk menulis slogan yang efektif
agar pesan ingin yang disampaikan dapat dimengerti oleh pelanggan?
Berikut ini ada 5 tips kreatif untuk menulis slogan yang efektif:
1. Buatlah terdengar menarik dan berirama
Agar sebuah slogan dapat diterima dengan baik oleh pelanggan, buatlah
sedemikian rupa sehingga slogan tersebut terdengar menarik. Misalnya
dengan membuat slogan yang mempunyai bunyi yang sama agar terdengar
unik.
Tujuannya adalah agar slogan tersebut menjadi lebih mudah untuk
dikenal dan gampang untuk diingat kembali. Bahkan sebuah studi
menyatakan bahwa slogan yang dijadikan lagu jingle lebih gampang untuk
diingat dibandingkan dengan yang hanya sekadar diucapkan.
Contoh slogan yang mempunyai irama yang gampang diingat misalnya
seperti Motorola, “Hello Moto”, dan Thomas Cook, “Don’t just book it,
Thomas Cook it.”
2. Tekankan keunggulan kunci
Jika produk anda mempunyai keunggulan atau keunikan yang tidak
dimiliki oleh produk pesaing, tekankan keunggulan tersebut dalam slogan
produk untuk menjadikan alasan mengapa pelanggan harus membeli produk
anda ketimbang pesaing.
Slogan produk anda harus mampu membuat calon pelanggan terkesan agar
ia sadar bahwa produk yang anda jual memang benar-benar mampu
menyelesaikan masalah yang ia hadapi dibandingkan dengan produk lainnya
yang sejenis.
Kesimpulannya, slogan tersebut harus mampu menjual keunggulan yang dimilikinya dengan cara yang kreatif dan unik.
Contoh dari slogan jenis ini adalah seperti slogan Mercedes Benz,
“Engineered like no other car in the world”, dan juga Miller Lite,
“Great taste, less filling.”
3. Menekankan komitmen perusahaan
Biasanya tipe slogan seperti ini bertujuan untuk mengedepankan
komitmen perusahaan kepada para pelanggannya, seperti dalam hal layanan
pelanggan, pemberian garansi dan sebagainya.
Walaupun banyak terdapat perusahaan lain yang menawarkan produk
sejenis, tetapi jangan biarkan ia mempengaruhi kualitas bisnis anda.
Berikan keunggulan lain yang mungkin tidak diberikan perusahaan
tersebut, seperti layanan pelanggan yang intensif untuk membangun
kepercayaan pelanggan. Contohnya adalah seperti slogan yang dimiliki
oleh Avis, “We’re number two, so we try harder.”
4. Slogan harus merefleksikan kepribadian produk secara jujur
Sebuah slogan merefleksikan kepribadian dari produk yang diwakilinya.
Apakah kualitas dari produk tersebut, sifat-sifat dari produk, atribut
fisik dari produk, serta hal-hal lain yang mencerminkan pribadi produk
tersebut.
Terkadang dalam membuat slogan, kata-kata yang digunakan sering
sekali terkesan berlebihan dalam memposisikan pribadi produk tersebut.
Kita sering menjumpai slogan yang berlebihan dan bahkan terkadang
menjadi slogan yang generik, seperti misalnya “Kami adalah yang
terbaik”, “Yang lain hanya mengekor”, atau “Kami adalah No. 1” dan lain
sebagainya.
Mungkin memang benar produk anda memiliki kualitas seperti yang
disebut diatas. Daripada membuat slogan yang terkesan berlebihan,
cobalah untuk membuatnya serealistis mungkin namun tetap menekankan
keunggulan yang dimiliki produk anda itu. Contoh slogan yang baik dan
tidak berlebihan namun tetap menekankan keunggulan produknya adalah
seperti Visa, “It’s everywhere you want to be”, dan American Express,
“Don’t leave home without it.”
5. Buat sesingkat dan sesederhana mungkin
Slogan yang menarik adalah slogan yang mempunyai kalimat yang pendek
serta mudah untuk dimengerti. Sebaliknya slogan dengan kalimat yang
panjang jika tidak dirancang dengan benar justru malah akan
membingungkan pelanggan.
Contoh slogan yang mempunyai slogan yang pendek namun unik serta
efektif adalah seperti Apple, “Think different”, dan juga Sony, “It’s a
Sony”.
Itulah 5 tips kreatif menulis slogan yang efektif. Dengan berpanduan pada kelima tips tersebut, anda akan mampu membuat sebuah slogan yang menarik dan unik bagi bisnis anda.
Nah sekarang, bagaimana menurut anda? Apakah anda mempunyai tips lain yang menarik untuk membuat slogan yang unik dan kreatif?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar